Sunday 15 May 2016

Contoh Laporan Kimia Dasar 'Pengenalan Alat-Alat Laboratorium '


Berikut merupakan contoh isi dari laporan praktikum kimia dasar dari abstrak - Pendahuluan - tinjauan pustaka - metodologi percobaan - penutup - daftar pustaka.


ABSTRAK

Telah dilakukan percobaan yang berjudul “Pengenalan Alat-Alat Laboratorium (Timbangan dan Peralatan Gelas)” yang bertujuan untuk mengetahui dan mengenal beberapa peralatan timbangan yang digunakan di laboratorium kimia, untuk mengetahui cara kerja beberapa peralatan timbangan laboratorium kimia, untuk mengetahui dan mengenal beberapa peralatan gelas yang digunakan di laboratorium kimia, untuk mengetahui cara kerja beberapa peralatan laboratorium kimia. Di dalam laboratorium kimia dasar, praktikan juga diperkenalkan dengan alat-alat gelas yang  terdapat disana, seperti gelas kimia, erlenmeyer, buret, tabung reaksi dan lainnya.
Praktikan juga diajarkan cara menggunakan alat tersebut dengan benar. Selain itu  juga  praktikan diperkenalkan dengan beberapa timbangan yang ada di laboratorium kimia dan cara kerjanya serta perbedaan disetiap timbangan yang ada. Hasil yang didapatkan adalah pratikan dapat mengenal dan mengetahui alat-alat laboratorium beserta fungsinya. Dari percobaan ini dapat disimpulkan sebagai percobaan dasar untuk mengenalkan alat-alat yang akan digunakan untuk percobaan selanjutnya.



BAB I
PENDAHULUAN
               1.1.   Latar Belakang
Laboratorium adalah tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Peralatan yang ada di dalam Laboratorium dapat mengakibatkan bahaya yang tak jarang berisiko tinggi bagi praktikan yang sedang melakukan praktikum jika tidak mengetahui cara dan prosedur penggunaan alat yang akan digunakan. Setiap percobaan kita selalu menggunakan peralatan yang berbeda atau meskipun sama tapi ukurannya berbeda. Alat adalah suatu benda yang dipakai untuk mengerjakan sesuatu, perkakas, perabot, yang dipakai untuk mencapai maksud. Hal yang harus diperhatikan adalah kebersihan dari alat yang digunakan. Kebersihan dari alat dapat mengganggu hasil pratikum. (share-anythinggg.blogspot.com)
Apabila alat yang digunakan tersebut tidak bersih, maka akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Kesalahan dalam  penggunaan alat dan bahan dapat menimbulkan hasil yang didapat tidak akurat dalam hal ilmu statistika kesalahan seperti ini digolongkan dalam galat pasti. Bukan hal yang mustahil bila terjadi kecelakaan di dalam laboratorium karena kesalahan dalam pemakaian dan penggunaan alat - alat dan bahan yang dilakukan dalam suatu pratikum yang berhubungan dengan bahan kimia berbahaya. Disamping itu, pemilihan jenis alat yang akan digunakan dalam penelitian disesuaikan dengan tujuan penelitian disesuaikan dengan tujuan penelitian agar penelitian berjalan lancer dan sesuai yang diharapkan. Oleh karena itu, dilakukanlah praktikum ini agar pemahaman fungsi dan cara kerja peralatan serta bahan harus mutlak dikuasai oleh praktikan sebelum melakukan praktikum di laboratorium kimia.


     1.2.           Tujuan Percobaan
Adapun tujuan dilakukannya percobaan ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui dan mengenal beberapa peralatan timbangan yang digunakan di laboratorium kimia.
2.  Untuk mengetahui cara kerja beberapa peralatan timbangan.
3.  Untuk mengetahui dan mengenal beberapa peralatan gelas yang digunakan di laboratorium kimia.
4.   Untuk mengetahui cara kerja beberapa peralatan laboratorium kimia.

1.3       Manfaat Percobaan


            Adapun manfaat dari percobaan kali ini adalah membuat kita mengetahui dan mengenal beberapa peralatan timbangan dan peralatan gelas yang digunakan di laboratorium kimia serta mengetahui cara kerja dari alat-alat tesebut. Dan mempermudah dalam menjalankan percobaan tingkat lanjut. Serta mengurangi resiko kecelakaan kerja dan mendapatkan hasil yang sempurna sesuai dengan yang diharapkan.

Selengkapnya Di sini.
Untuk JUDUL yang lain bisa di request ke:
Email: nuramalia@mhs.unsyiah.ac.id
Line: nuraptr

No comments:

Post a Comment